Senin, 31 Oktober 2016

Rpp terintegrasi TIK



A.    Tujuan pembelajaran menggunakan TIK


1.  Dengan menggunakan pengolah kata microsoft word, siswa dapat menuliskan hasil kerjanya dengan cepat dan mudah.
2. Dengan menggunakan microsoft power point,siswa dapat mempresentasikan hasil diskusinya dengan menarik.
3.    Dengan memanfaatkan email sebagai cara dalam mengirim tugas, siswa dapat mengetahui cara-cara untuk menggunakan email.
4.   Siswa dapat memperoleh Informasi dan pengetahuan yang lebih dengan menggunakan internet.

B.     Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Guru membuka pembelajaran dengan salam.
·         Siswa berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·         Siswa dipresensi kehadiran oleh guru.
·   Siswa diingatkan oleh guru tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dan menghubungkan materi tersebut dengan materi yang akan dipelajari.
·         Siswa diberi motivasi oleh guru
·   Siswa diberi penjelasan oleh guru tentang tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
15 menit
Kegiatan In ti
·      Siswa membaca teks cerpen pada buku siswa yang berjudul Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur(mengamati). Siswa membaca teks tersebut dengan membaca dalam hati.
·         Siswa diminta menjawab pertanyaan secara individu setelah selesai membaca teks tersebut.
-          Siapa saja tokoh pada cerita di atas?
-          Siapa yang mengikuti ulangan Matematika?
-          Apa yang dilakukan oleh Gugut pada saat Ulangan?
-          Apa yang dilakukan oleh Ida ketika Gugut meminta jawaban kepadanya?
-          Mengapa Ida melakukan hal itu?
-          Hal-hal baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita di atas?
·         Siswa di minta menjawab pertanyaan dengan mengetik di microsoft word kemudian   mengirimkan jawaban melalui email.


·    Siswa diminta mengamati gambar pada buku siswa dan merenungkan kembali cerpen yang telah dibaca.
·      Siswa menuliskan pendapat tentang sikap tokoh Ida dan Gugut dalam Ms. Power Point.
·     Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas dengan percaya diri, runtut, dan jelas.
· Siswa diminta berkelompok (4-5 siswa) untuk mendiskusikan sikap Gugut dan Ida terkait dengan nilai-nilai sila pertama.
·        Siswa diminta  mendikusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·         Siswa menuliskan jawabannya pada Ms. Word.
· Salah satu kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan jawabannya.
·      Siswa diberi motivasi siswa untuk percaya diri ketika presentasi.
·  Siswa diberi penguatan bahwa sikap jujur sesuai dengan sila pertama Pancasila.
·     Siswa diberi penguatan untuk terus berusaha bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.
·         Siswa diminta menyanyikan lagu yang mengandung nilai kejujuran untuk menambah semangat belajar. Salah satu siswa memandu teman-temannya di depan kelas.
·      Siswa diberi pertanyaan oleh guru:
-         “Apakah kalian tahu pekerjaan seorang tukang taman?”
-         “Menurutmu apakah seorang tukang taman harus jujur?”“Jelaskan Apa yang terjadi jika tukang taman tidak jujur?”
·      Salah satu siswa membacakan cerita seorang tukang taman.
· Siswa diminta mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan keterampilan mengerjakan soal cerita yang sudah dipelajari.
·   Siswa dibebaskan untuk menggunakan cara sesuai dengan keterampilan yang mereka miliki. Siswa juga diberi kebebasan untuk mencari informasi dari sumber lain, misalnya internet.
·         Beberapa siswa mempresentasikan hasil jawabannya di depan kelas.
·    Siswa akan bereksplorasi dahulu untuk belajar konsep keliling persegi.
·    Siswa duduk secara berpasangan. Siswa mengamati persegi yang ada di buku siswa. Siswa akan memotong persegi satuan yang berukuran 1 cm. Siswa mengikuti instruksi yang ada di buku siswa halaman 34-36.
·    Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya ketika menemui kesulitan. Siswa juga bisa memberikan pendapat atas penjelasan guru
·    Siswa membaca kesimpulan yang ada di buku siswa.
180 menit
Kegiatan Penutup
·         Siswa diajak mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan siswa diminta melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan:
-    Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
-     Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
-    Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·         Salah satu siswa diminta memipin doa.
·         Siswa memberi salam kepada guru.
15 menit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar